Dental Bridge: Jenis, Biaya, dan Cara Merawatnya

dental bridge - biaya dan perawatannya - dental legends indonesia

Dental Bridge: Jenis, Biaya, dan Cara Merawatnya

Saat gigi Anda hilang, Anda mungkin agak malu untuk berkomunikasi dan berbicara, sulit menggigit atau bahkan makan secara efektif. Mungkin Anda juga segera mengunjungi dokter gigi untuk konsultasi pilihan gigi pengganti. Salah satu pilihan, yaitu jembatan gigi atau disebut dental bridge.

Jembatan gigi digunakan untuk menggantikan gigi yang hilang dan menghubungkan gigi di kanan kirinya, sehingga tetap tampak rapi. Gigi di kedua sisi itu disebut gigi abutment, sementara gigi pengganti yang berada di tengahnya disebut pontik (gigi palsu).

Mengapa Dental Bridge Itu Penting?

Jembatan gigi membantu mengembalikan senyum Anda dan berbicara. Perawatan gigi palsu ini juga dapat membantu Anda mengunyah makanan dengan benar. Menempatkan rahang bersamaan saat menggigit, sehingga mencegah gigi lainnya bergerak atau bergeser.

Jenis-Jenis Jembatan Gigi

Ada tiga jenis jembatan gigi yang paling umum, meliputi:

1. Jembatan Tradisional

jembatan tradisional - dental bridge - dental legends indonesia

Jenis jembatan gigi yang paling populer yang digunakan dalam kedokteran gigi. Terbuat dari keramik atau porselen dengan campuran logam. Mahkota gigi (crown) dibuat di kedua sisi gigi yang hilang, sebagai gigi penyangga, dengan pontik di antaranya.

2. Jembatan Cantilever

jembatan cantilever - dental bridge - dental legends indonesia

Jenis jembatan gigi ini digunakan ketika tidak ada gigi di kedua sisi gigi yang hilang. Gigi penyangga yang berdekatan dengan jembatan gigi disiapkan dan gigi palsu mengisi bagian gigi yang hilang.

3. Jembatan Maryland

maryland bridge - dental legends indonesia

Terbuat dari kerangka logam, di mana pontik (gigi palsu) melekat pada sayap logam atau porselen yang disemen pada dua gigi penyangga. Maryland bridge merupakan alternatif dari jembatan tradisional.

Biaya Perawatan

Biaya rata-rata jembatan gigi di setiap klinik berbeda-beda. Namun di klinik gigi premium Dental Legends Indonesia, Anda dapat menggunakan promo di setiap bulannya. Bridge dapat bertahan bertahun-tahun jika dirawat dengan benar melalui pemeriksaan dan pembersihan gigi secara rutin.

Proses Pemasangan

Pada kunjungan pertama, dokter gigi akan mulai mengikis enamel pada dua gigi penyangga. Ini dilakukan untuk mempersiapkan gigi penyanga menjadi crown. Kemudian cetakan gigi Anda akan dibuat untuk mempermudah pembuatan bridge. Crown dan pontik (gigi palsu) akan dibuat di laboratorium, sementara itu dokter akan membuat jembatan sementara untuk Anda gunakan.

Pada pertemuan berikutnya, jembatan sementara akan dilepas dan jembatan permanen yang baru akan ditempatkan di area tersebut. Setelah terpasang, dokter akan memeriksa jembatan gigi  untuk kelayakannya. Mungkin Anda perlu mengunjungi dokter gigi beberapa kali untuk memastikan bahwa bridge tersebut nyaman dan pas Anda pakai.

Cara Merawat Jembatan Gigi

Sama seperti gigi yang masih ada, dental bridge juga memerlukan perawatan. Anda harus membersihkannya dengan benar di sela-sela gigi dan pontik menggunakan proxybrush dan benang gigi.

Menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride juga penting. Membersihkan dental bridge membantu mencegah gigi berlubang dan perkembangan peradangan gusi.

Apabila Anda ada rencana perawatan jembatan gigi, hubungi Dental Legends Indonesia lewat laman kontak atau follow instagram kami @dentallegends.


Dental Legends Indonesia

Dental Legends Indonesia

Klinik gigi premium di Jakarta dan Tangerang. Dental Legends Indonesia hadir membawa konsep baru dalam pelayanan dan pengalaman pasien. Perawatan gigi secara ekslusif. Bersama dokter gigi terbaik, profesional dan berpengalaman, Dental Legends Indonesia jadi klinik gigi terbaik di kelasnya.

Leave comment

LOKASI KLINIK

Menteng dan Gading Serpong

INFO PERAWATAN

(021) 28543411

JADWAL PRAKTEK

Senin-Minggu : 8:00 - 22:00

RESERVASI

Klik untuk buat jadwal temu.