Berapa Lama Kawat Gigi Bisa Merapikan Gigi?

berapa lama kawat gigi bisa merapikan gigi - dental legends indonesia

Berapa Lama Kawat Gigi Bisa Merapikan Gigi?

Pertanyaan paling umum bagi pasien ortho yaitu ‘berapa lama kawat gigi bisa merapikan gigi’. Ada beberapa faktor yang menentukan lama perawatan, seperti faktor jarang kontrol behel yang juga memengaruhi lambat dan cepatnya progress kawat gigi. Anda tidak perlu khawatir soal itu. Dokter gigi Dental Legends Indonesia akan membantu Anda dalam merapikan gigi.

Sekarang melihat orang dewasa memakai kawat gigi bukan lagi hal yang perlu di-apaansih. Jika dibandingkan dengan beberapa dekade yang lalu, sudah lebih umum orang dewasa pakai behel. Namun, berapa lama kawat gigi bisa merapikan gigi? Apakah lama waktu perawatan pada orang dewasa berbeda dengan anak-anak remaja?

Sama seperti remaja, orang dewasa ingin tahu berapa lama kawat gigi bisa merapikan gigi. Jawabannya adalah “bervariasi”. Setiap kasus memiliki keunikan dan perawatan dapat berlangsung dari beberapa bulan hingga tiga tahun.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Lama Perawatan Behel

Ada empat faktor utama yang menentukan waktu perawatan ortodontik. Mulai dari usia, kompleksitas kasus, rutin kontrol dan jenis kawat gigi yang digunakan. Kompleksitas dan jumlah masalah ortodontik adalah hal utama yang mempengaruhi waktu perawatan, bukan usia pasien. Usia hanya mempunyai peran kecil.

Faktor Usia

Perawatan ortodontik untuk orang dewasa sedikit lebih lama daripada remaja. Hasil yang lebih cepat dimungkinkan bagi pasien ortho anak-anak remaja, karena rahang mereka masih tumbuh dan gigi masih bergerak, sehingga mereka lebih mudah bergeser ke tempat yang diinginkan. Gigi orang dewasa telah berada di tempat yang lebih lama dan lebih banyak upaya untuk bergerak ke posisinya.

Kompleksitas Kasus

Diperlukan beberapa bulan untuk memperbaiki masalah dasar seperti gigi bengkok atau masalah jarak. Namun, beberapa orang dewasa mempunyai kasus gigi yang kompleks dengan banyak masalah untuk dilakukan perawatan. Kasus rumit dapat membuat kawat gigi bertahan selama 36 bulan sampai semua gigi berada pada posisi yang diinginkan.

Jenis Kawat Gigi Mempengaruhi Waktu Perawatan

Lama perawatan behel gigi dapat bergantung pada jenis kawat gigi yang digunakan. Seperti behel metal, behel ceramic, behel crystal sapphire, dan behel damon.

Setiap jenis behel mempunyai keunggulan masing-masing. Seperti behel ceramic yang menyerupai warna gigi dan behel crystal sapphire yang berwarna transparan, sehingga keduanya bukan hanya memperbaiki gigi, tapi menambah kecantikan penampilan. Sementara itu logam tahan karat bermutu tinggi seperti behel damon dan behel metal lebih kuat untuk merapikan gigi, terutama behel damon yang terkenal dengan self ligating. Jenis-jenis kawat gigi yang disebutkan lebih efisien dalam pergerakan gigi daripada kawat gigi lingual dan pelurus gigi, sehingga gerak gigi lebih cepat ke posisi yang diinginkan. Behel metal, behel ceramic, behel crystal sapphire, dan behel damon juga lebih mungkin memberikan hasil terbaik.

Baca Juga: 3 Jenis Behel yang Umum Digunakan

Behel ceramic menggunakan tanda kurung berwarna dan kabel lengkung, sehingga tidak terlalu mencolok dibandingkan behel metal. Namun, behel ceramic tidak dapat mentoleransi jumlah tekanan yang sama dengan yang terbuat dari metal. Behel crystal sapphire lebih disarankan jika Anda ingin meningkatkan kecantikan penampilan.

Kontrol Rutin

Masalah pada pasien dewasa adalah terlupa dengan jadwal kontrol rutin behel yang dikenakan. Sementara mengikuti instruksi dokter gigi adalah hal yang cukup membantu. Jika Anda mengikuti petunjuk dokter, perawatan Anda akan berjalan lancar sesuai jadwal. Hal terpenting untuk diingat yaitu teliti dan konsisten dengan pembersihan gigi, membuat jadwal kontrol rutin dengan dokter dan ikuti arahanya, serta jangan menunda untuk memperbaiki kerusakan seperti bracket copot karena dapat memungkinkan gigi untuk kembali ke posisi semula

Setelah Kawat Gigi Dilepas

Perawatan ortodontik belum dapat dikatakan selesai setelah kawat gigi dilepas. Apakah kawat gigi dipasang selama beberapa bulan atau tiga tahun, gigi masih dapat bergerak kembali ke posisi semula tanpa bantuan retainer. Dokter gigi Anda akan menyarankan seberapa sering invisible retainer harus dipakai.

Jika Anda sedang mempertimbangkan memakai kawat gigi, Dental Legends Indonesia siap membantu Anda. Konsultasikan keinginan pasang behel Anda dengan dokter kami. Membawa hasil rontgen gigi saat konsultasi juga dapat menguntungkan Anda mengetahui masalah gigi. Buat jadwal konsultasi behel sekarang (klik di sini).


Dental Legends Indonesia

Dental Legends Indonesia

Klinik gigi premium di Jakarta dan Tangerang. Dental Legends Indonesia hadir membawa konsep baru dalam pelayanan dan pengalaman pasien. Perawatan gigi secara ekslusif. Bersama dokter gigi terbaik, profesional dan berpengalaman, Dental Legends Indonesia jadi klinik gigi terbaik di kelasnya.

Leave comment

LOKASI KLINIK

Menteng dan Gading Serpong

INFO PERAWATAN

(021) 28543411

JADWAL PRAKTEK

Senin-Minggu : 8:00 - 22:00

RESERVASI

Klik untuk buat jadwal temu.